Dasar Digital Marketing

Digital marketing menjadi salah satu istilah yang sering di dengar akhir – akhir ini apalagi bagi para pebisnis. Ya, berkat kemajuan teknologi, kini pemasaran juga bisa dilakukan melalui internet. Nah makin banyak orang yang menggunakan digital marketing, makin banyak pula pesaingnya. Untuk itu, Anda harus tahu dasar digital marketing. 

Secara singkat, digital marketing adalah mempromosikan produk yang Anda jual melalui media – media online. Semakin hari semakin banyak orang yang menggunakan digital marketing untuk memasarkan produknya. Namun, jika mereka tidak tahu dasarnya maka akan cepat bagi mereka untuk gulung tikar. Tentu Anda ingin digital marketing menjadi salah satu bisnis long term bukan? Nah untuk itu, ketahui dasarnya di bawah ini.

Dasar – dasar Digital Marketing 

Website Design

Web Design Digital Marketing

Perlu Anda ingat, website adalah “wajah” bagi bisnis Anda di internet. Baik itu struktur, warna, desain, atau tulisan di website Anda harus merepresentasikan bisnis Anda. Website yang baik umumnya memiliki desain yang responsif, memiliki navigasi yang mudah diikuti dan mudah diakses melalui layar smartphone

Search Engine Optimization (SEO)

SEO Digital Marketing

Jika Anda sudah memiliki website yang bagus rasanya percuma saja jika Anda tidak mengoptimalkan website Anda melalui SEO. SEO memungkinkan untuk membuat situs Anda berada di halaman pertama Google dan mendapatkan atensi yang banyak dari pengguna Google. Sebuah penelitian menunjukkan jika untuk saat ini sebanyak 81% pengguna melakukan riset secara online terlebih dahulu sebelum melakukan pembelian. 

Social Media Advertising

Social Media Advertasing - Digital Marketing

Social media advertising artinya menggunakan iklan media sosial untuk mengiklankan produk Anda. Jangkau customer Anda dengan iklan media sosial memang suatu langkah yang tepat, tapi untuk menentukan platform media sosial mana yang ingin Anda pakai harus Anda pikirkan. Maksudnya bagaimana? Anda harus menyesuaikan dengan audiens Anda. Misalkan saja jika target audiens Anda adalah orang tua, tentu Anda memakai media Facebook untuk mengiklankan produk Anda. Berbeda jika target audiens Anda adalah anak muda. Tentu saja Anda bisa menggunakan platform Instagram untuk beriklan.

Social Media Management

Social Media Management Digital Marketing

Social media management memungkinkan Anda untuk memanage semua social media profil Anda mulai Facebook, Instagram, Twitter dan yang lainnya. Sosial media management yang bagus dapat meningkatkan interaksi antara customer online Anda. Ini sangat bagus untuk meningkatkan brand awareness Anda.

Email Marketing

Email Marketing Digital Marketing

Dasar digital marketing yang selanjutnya adalah email marketing. Faktanya, hampir 82% B2B (Business to Business) dan B2C (Business to Customer) menggunakan email marketing. Mengapa demikian? Beberapa alasan yang masuk akal diantaranya adalah setiap $1 yang dikeluarkan, mereka akan mendapatkan rata – rata $38 serta hampir 34% orang di dunia menggunakan email. Inilah alasan menggunakan email marketing meskipun email marketing termasuk ke dalam metode pemasaran yang sudah digunakan dari dulu.

Pay Per Click Advertising

PPC Digital Marketing

PPC adalah salah satu alternatif untuk meningkatkan kunjungan dan traffic serta penjualan tentu saja. Banyak orang menggunakan platform Google Ads untuk beriklan di SERPs. Penempatan iklan ini berada di paling atas pencarian sehingga semakin banyak peluang untuk pengguna Google melakukan klik. Dengan begitu, makin terbuka pula peluang untuk terjadi penjualan.

Content Marketing

Content Marketing Dasar Digital Marketing

Jika berbicara mengenai dasar digital marketing, tak lepas dari content marketing. Ya, salah satu kunci sukses dalam digital marketing adalah membuat konten yang menarik perhatian konsumen sehingga konsumen mau membaca dan ujungnya mau membeli produk Anda. Namun tenang saja, kini sudah banyak jasa penulis artikel yang siap membantu Anda menyediakan content untuk keperluan promosi.

Nah itulah beberapa dasar digital marketing yang harus Anda ketahui dan pelajari jika Anda ingin mensukseskan bisnis Anda.