Jenis Digital Marketing

Beberapa tahun terakhir, berkat berkembangnya teknologi, digital marketing menjadi salah satu cara untuk mempromosikan barang yang patut untuk dipertimbangkan. Karena berkembangnya teknologi pula, perilaku manusia berubah. Kini kebanyakan orang melakukan riset online terlebih dahulu sebelum membeli sesuatu. Untuk itu, tugas kita sebagai pemilik usaha untuk menyediakan informasi – informasi mengenai produk yang dipasarkan di internet. Jenis digital marketing ada banyak, mari bahas dan tentukan mana yang tepat.

Apa itu Digital Marketing?

Secara sederhana, digital marketing adalah marketing strategi yang menggunakan internet sebagai salah satu cara untuk mempromosikannya. Digital marketing sebenarnya sama saja dengan marketing pada umumnya hanya saja medianya yang lebih memanfaatkan teknologi. Menggunakan digital marketing nyatanya mampu membuat Anda menjangkau customer lebih luas lagi sehingga sangat menguntungkan. Setelah mengetahui sekilas mengenai digital marketing, mari ketahui mengenai beberapa tipenya sehingga Anda mampu menentukan mana yang terbaik.

Macam – Macam Digital Marketing

Content Marketing

Digital Marketing - Content Marketing

Content marketing mengacu pada konten – konten yang berguna bagi target Anda. Contoh dari content marketing adalah blog post, how-to video, serta yang lainnya. Jenis online marketing ini memungkinkan Anda terhubung dengan customer Anda dan menjawab pertanyaan – pertanyaan customer. Konten harus diupdate secara berkala serta harus dibuat dengan informasi yang valid.

Content marketing memiliki kelebihan yakni gratis, berguna bagi customer serta mampu mendongkrak semua tipe digital marketing. Namun kekurangan content marketing yakni kompetisi yang tinggi, konsistensi yang tetap harus dijaga dan sulitnya untuk mencari ide. Jika Anda memiliki website kini sudah ada Jasa Pembuatan Artikel yang bisa Anda manfaatkan.

Search Engine Optimization (SEO)

Digital Marketing - SEO

Istilah ini mungkin sering Anda dengar sebagai salah satu tipe digital marketing yang umumnya digunakan oleh sebagian besar digital marketer. SEO adalah sebuah strategi yang intinya bertujuan untuk membuat website bisa berada di posisi paling baik dalam SERPs yakni berada di halaman satu Google. 

Google sebagai salah satu search engine paling besar menggunakan sebuah algoritma dalam menentukan website mana yang paling cocok untuk ditempatkan di posisi pertama SERPs. Algoritma ini sering berubah – ubah. Untuk itu, “ilmu” SEO tidak ada yang pasti. Tak jarang digital marketer menggunakan jasa SEO untuk mengoptimasi situsnya. 

Keuntungan menggunakan SEO beberapa diantaranya adalah mampu meningkatkan visibilitas merek, budget jauh lebih efisien daripada beriklan di Google Ads serta berlaku untuk jangka panjang. Kekurangan SEO selain dari segi algoritma juga tergantung dengan konten serta teknologi serta waktu optimasi yang jauh lebih lama bahkan hasilnya baru bisa dinikmati dalam kurun tahunan.

Search Engine Marketing

Digital Marketing - SEM

Selain SEO, ada juga jenis search engine marketing atau pay per click. SEM merujuk ke iklan dalam search engine. PPC yang paling terkenal dan paling banyak digital marketer untuk saat ini adalah Google Ads. Besarnya jumlah yang dikeluarkan untuk beriklan di Google Ads tergantung jumlah kliknya.

Keuntungan menggunakan SEM beberapa diantaranya adalah lebih cepat untuk berada di halaman satu Google serta efisiensi waktu. Bagaimana dengan kekurangannya? Kekurangan menggunakan SEM yakni harganya bisa mahal jika menargetkan kata kunci yang populer, rumit dalam penyettingan, dan memerlukan pertimbangan khusus agar iklan bisa berjalan secara maksimal.

Social Media Marketing

Digital Marketing - Social Media Marketing

Jenis digital marketing yang selanjutnya adalah social media marketing. Social media marketing menggunakan social media platform untuk memasarkan produk. Social media yang Anda gunakan juga bisa Anda sesuaikan dengan target customer. Misalkan saja target Anda memiliki usia 20 hingga 30 tahun, sebaiknya Anda menggunakan Instagram atau sebaliknya jika target customer Anda memiliki usia lebih dari 50 maka sebaiknya gunakanlah Facebook.

Keuntungan menggunakan social media marketing yakni memiliki nilai konversi yang tinggi, tidak perlu banyak effort untuk mendapatkan engagement, serta memungkinkan Anda untuk menargetkan ke target yang spesifik. Sedangkan kekurangan menggunakan social media marketing adalah algoritma yang mungkin berubah serta planning strategi yang perlu waktu untuk menyusunnya.

Affiliate and Influencer Marketing

Digital Marketing - Affiliate Marketing

Macam digital marketing yang selanjutnya adalah affiliate dan influencer marketing. Dengan menggunakan jenis digital marketing ini memungkinkan Anda untuk menjangkau audiens dari audiens akun atau orang yang Anda ajak kerjasama. Keuntungan menggunakan jenis digital marketing ini adalah mampu mendapat privilege dari influencer sehingga penjualan meningkat namun uang yang harus Anda bayarkan tergolong tinggi.

Email Marketing

Digital Marketing - Emial Marketing

Jika seseorang mengunjungi situs Anda, jangan lupa untuk mengajaknya untuk meninggalkan alamat email di subscriber list. Dengan demikian, Anda bisa mengirimkan email mengenai sales, produk baru, atau bahkan event. Meskipun tidak banyak yang menggunakan email marketing, namun jangan pandang sebelah mata cara yang satu ini. Keuntungan menggunakan email marketing yakni : tidak bergantung para algoritma dan mampu mempererat hubungan dengan customer serta kekurangannya yakni : beberapa customer tidak membuka email serta banyak customer yang lebih memilih untuk unsubscribe.

Mobile Marketing

Digital Marketing - Mobile Marketing

Jenis digital marketing yang selanjutnya adalah mobile marketing. Menurut dari riset yang Google lakukan, 27% orang di dunia mulai menggunakan voice search. Selain itu, customer yang menggunakan perangkat mobil juga kian hari kian meningkat. Keuntungan menggunakan macam digital marketing ini beberapa diantaranya karena seperti yang sudah disinggung di atas jika sebagian besar customer menghabiskan waktunya dengan smartphone. Sedangkan untuk kekurangannya adalah layar yang kecil terkadang menyulitkan para digital marketing untuk mengoptimalkannya.

Nah itulah jenis – jenis digital marketing yang paling popular. Sebenarnya tidak ada yang paling baik karena semua itu bisa Anda kombinasikan sehingga bisnis Anda kian maju.