Strategi Pemasaran Digital Bagi Destinasi Wisata

Indonesia menjadi salah satu wisata yang paling banyak pengunjungnya, meskipun masih berada di bawah negara Thailand untuk jumlah kunjungannya namun keindahan alamnya tidak perlu diragukan lagi. Kini, banyak pengelola wisata yang menerapkan berbagai strategi pemasaran digital bagi destinasi wisata.

Ya, pemasaran digital untuk destinasi wisata bahkan sudah dicanangkan dari dahulu. Namun, beberapa saat yang lalu pariwisata sempat terpuruk akibat adanya pandemi yang memporak-poranda hampir seluruh sektor di dunia. Kini, di era new normal seperti sekarang ini saatnya pariwisata bangkit lagi. Salah satu caranya adalah dengan mempromosikan melalui media digital. 

Tapi, sebenarnya bagaimana peluang pasar wisatawan di Indonesia terus cara pengoptimalan promosi melalui digital untuk bidang pariwisata yang efektif itu seperti apa? Untuk menjawab pertanyaan – pertanyaan tersebut, mari kita ulas satu per satu.

Peluang Pasar Wisatawan di Indonesia

Jika dilihat dari komposisi usia penduduknya, yang berpotensi untuk “memperkaya” sektor pariwisata adalah orang orang yang berusia produktif. Jumlah di asia saja orang yang memiliki usia produktif sangatlah banyak. Umumnya, kelompok usia yang satu ini sudah mengandalkan internet untuk mencari segala hal baik untuk keperluan mendesak sampai liburan.

Karena kelompok usia ini sudah sangat akrab dengan digital maka pemasaran digital untuk pariwisata bisa sangat terbantu. Apalagi perilaku “orang zaman sekarang” yang enggan untuk datang ke agen travel lagi untuk urusan berlibur menyebabkan pengelola wisata harus kreatif dalam mempromosikan wisata.

Apalagi jika sebuah wisata yang menyasar wisatawan asing pastinya sudah harus lebih “prepare” lagi untuk urusan pemasaran digital lagi karena di luaran sana teknologi berkembang jauh lebih cepat daripada di indonesia. Nah mari kita bahas mengenai strategi pemasaran digital bagi destinasi wisata.

Strategi Pemasaran Digital bagi Destinasi Wisata

Buat Aplikasi Akomodasi 

Strategi Pemasaran Digital Bagi Destinasi Wisata

Kini, sudah banyak orang atau perusahaan yang membuat aplikasi untuk booking booking semua hal berkaitan dengan destinasi wisata seperti hotel, transportasi selama berwisata hingga tiket masuk. Dengan kemudahan ini tentu saja destinasi wisata jadi jauh lebih banyak peminatnya. Baik pengunjung maupun pengelola jadi jauh lebih mudah untuk mengelolanya.

Jalin Kemitraan

Tentu saja pihak pengelola wisata saja akan kuwalahan jika mencari akomodasi dll sendiri. Jalinlah kemitraan dengan pemilik hotel, travel dan yang lainnya. Anda juga bisa menggandeng fotografer ke paket wisata Anda.

Buat Titik Lokasi dengan Google Maps

Salah satu cara untuk mempromosikan destinasi wisata menggunakan pemasaran digital yang selanjutnya adalah dengan membuat titik lokasi di Google Maps. Selain bisa digunakan sebagai panduan ketika tersesat di jalan, bisa saja orang yang sebelumnya tidak tahu tentang wisata tersebut jadi tahu berkat adanya titik di Google Maps.

Optimasikan dengan GMB (Google My Business)

Setelah titik lokasi Google Maps jadi, jangan lupa untuk di klaim dengan GMB. GMB sendiri merupakan kepanjangan dari Google My Business. Ada banyak sekali manfaat yang bisa didapatkan ketika menggunakan GMB. Beberapa manfaat tersebut adalah membuat objek wisata semakin terkenal, memudahkan wisatawan mengetahui segala informasi mengenai wisata yang dituju, memudahkan pengelola wisata untuk mengelola wisatanya dan mampu meningkatkan kunjungan wisatawan.

Optimalkan Konten di Website

Strategi pemasaran digital bagi destinasi wisata yang selanjutnya adalah dengan mengupload konten – konten mengenai destinasi wisata (promosi) di website. Ya, kini website sudah menjadi salah satu platform wajib bagi seseorang yang ingin memasarkan menggunakan pemasaran digital. Tuliskan segala informasi lengkap mengenai wisata di sebuah website agar wisatawan bisa dengan mudah untuk menemukannya. Cari tahu juga mengenai cara membuat konten menarik di website agar kunjungan semakin banyak.

Optimalkan Sosial Media

Gunakan platform – platform media sosial populer seperti Instagram, Facebook maupun Tik Tok untuk mempromosikan destinasi wisata. Buatlah konsep yang unik dan menarik. Lakukan posting di media sosial dengan rutin agar terkesan aktif. Anda juga bisa mengandalkan jasa sosial media management untuk konten Anda. Mengoptimasikan konten di media sosial juga termasuk ke dalam metode digital marketing yang praktis karena modal promosi tidak sebesar saat menggunakan cara promosi zaman dahulu.

Lakukan strategi tersebut agar wisata semakin berkembang. Selain itu, masih banyak strategi pemasaran menggunakan internet yang bisa Anda kembangkan, silakan untuk explore sendiri ya! Semoga dengan adanya ulasan ini bisa membantu Anda.