Cara Setting Keyword untuk Bisnis Online Shop

Apakah Anda pernah mencoba untuk melakukan optimasi website online shop Anda sendiri? Bagaimana cara setting keyword untuk bisnis online shop? Terkadang pertanyaan ini sering hinggap di kepala kita. Proses penentuan keyword ini bisa dibilang gampang – gampang susah. Gampang karena ada banyak sekali pilihan keyword yang tersedia dan susah karena saking banyaknya pilihan tersebut terkadang membuat kita bingung ingin memilih yang mana.

Pilihan – pilihan keyword ini tentu akan menentukan “nasib”bagaimana website Anda nantinya. Apakah bisa berkembang? Atau stuck disitu – situ saja. Daripada bingung, di bawah ini ada beberapa cara untuk setting keyword untuk bisnis online shop yang mudah dilakukan oleh pemula.

Cara Setting Keyword untuk Bisnis Online Shop

Di dalam algoritma suatu website, tahukah Anda bahwa pembaharuan konten merupakan salah satu cara yang kerap dipakai dalam menentukan rating? Hal ini tentu ada campur tangan permainan keyword di dalamnya. Agar tidak bingung lagi, beginilah cara setting kata kunci untuk bisnis online shop milik Anda

Memahami Tren

Pertama, cara melakukan setting keyword yang tepat dan cermat adalah dengan memahami tren. Apa sih saat ini yang sedang berkembang di tengah masyarakat dan menjadi produk dengan pencarian terbanyak. Misalnya saja, tren tanaman hias. Ikuti tanaman hias mana yang tengah hits dan kemudian setting kata kunci yang relevan dengan tanaman hias tersebut.

Selain menarik, hal ini tentu saja akan mendatangkan jumlah pencarian atau pengunjung yang sangat besar ke website Anda. Lakukan hal ini secara terus-menerus selama tren berlangsung. Jangan pernah lelah untuk research tren yang ada karena ini akan menjadi jalan keluar terbaik dari cara setting kata kunci.

Tapi ingat, kata kunci yang digunakan usahakan untuk “selaras” dengan niche yang dipilih di website Anda jika Anda ingin mempostingnya di Website. Jangan keluar dari kategori website Anda. Hal ini justru akan berdampak kurang baik bagi website Anda

Tidak Memenuhi Website dengan Keyword

Kedua, cara melakukan setting keyword yang tepat dan cermat adalah dengan tidak memenuhi website Anda dengan kata kunci ini. Memang, kata kunci akan menarik pencarian website, tapi jika terlalu banyak juga tidak efektif. Malah, keyword stuffing ini dapat membuat pengunjung malas dan akibatnya website gagal untuk optimasi.

Sebar kata kunci di website milik Anda sesuai dengan porsinya. Usahakan postingan yang Anda miliki enak untuk dibaca oleh pengunjung. Memperbanyak keyword yang tidak wajar justru Google akan menganggap hal tersebut adalah spam.

Cara Setting Keyword untuk Bisnis Online Shop

Gunakan Google Keyword Planner

Ketiga, cara melakukan setting keyword yang tepat dan cermat adalah dengan memakai Google Keyword Planner. Anda tidak perlu repot setting dan tinggal manfaatkan saja fitur menarik ini. Untuk mencari kata kunci di Google Keyword Planner, Anda tinggal mengetikkan kata kunci di search bar atau bisa juga memasukkan situs Anda dan Google Keyword Planner secara otomatis akan menampilkan hasilnya.

Gunakan Tools yang Lain

Selain menggunakan Google Keyword Planner, untuk melakukan riset kata kunci juga bisa dilakukan dengan menggunakan tools yang lain. Tools untuk riset kata kunci contoh saja ada ubersuggest, keywordtool.io, dan lain lain. Tools sangat berguna untuk mempermudah pekerjaan Anda.

Mulai Optimasi dari Kata Kunci Tersebut

Jika sudah selesai melakukan riset, langkah selanjutnya yang harus Anda lakukan adalah melakukan optimasi dari hasil riset yang telah Anda riset. Lakukan secara perlahan, jika perlu buatlah jadwal khusus kapan waktu Anda harus  posting untuk website Anda. 

Demikian ulasan mengenai cara melakukan setting keyword yang tepat dan cermat. Sebenarnya masih ada banyak sekali cara – cara untuk menyetel keyword. Anda bisa melakukan explore explore sembari bermain – main. Step riset merupakan langkah awal dari strategi pemasaran menggunakan internet yang ampuh untuk dilakukan.