Cara Memilih Hosting Yang Tepat?

Ibaratkan rumah, dalam memilih hosting yang tepat tidak boleh asal – asalan. Ada banyak hal yang harus Anda perhatikan sebelum menentukan pilihan pada sebuah hosting. Umumnya, orang hanya memperhatikan disk space atau kapasitas hosting saja, padahal hal tersebut merupakan sepersekian dari indikasi hosting yang bagus.

Seperti yang kita ketahui, website merupakan cara mempromosikan produk di Google yang ampuh dan tidak lepas dari hosting. Hosting sendiri secara sederhana dapat diartikan sebagai suatu “wadah” yang digunakan untuk menampung segala data – data website Anda di internet. Server hosting yang sering down tentu saja bukan salah satu indikasi memilih hosting yang terbaik bukan?

Perlu Anda ketahui, tipe website sendiri ada banyak, mulai dari shared hosting, VPS, dan yang lainnya. Agar tidak salah dalam memilih hosting, di bawah ini ada beberapa cara untuk memilih hosting terbaik.

Cara Untuk Memilih Hosting Terbaik

Sesuaikan Dengan Kebutuhan Situs

Hal pertama yang harus diperhatikan sebelum memilih hosting terbaik adalah menyesuaikan kebutuhan hosting dengan situs Anda. Setiap hosting tentu saja memiliki kriteria berbeda – beda yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan dari sebuah situs. Jika Anda ingin situs yang berkapasitas besar, carilah yang disknya besar.

Perhatikan Kualitas Performa Server

Jangan sampai pengunjung pergi ke situs lainnya karena tidak bisa mengakses situs milik Anda. Pilihlah lokasi server yang dekat dengan target customer Anda. Misalkan Anda berjualan sprei dengan target orang Korea di website tentu saja Anda harus mencari server hosting di Korea meskipun Anda di indonesia.

Tanyakan Kepada Web Developer

Tips memilih hosting yang selanjutnya adalah menanyakan yang hosting terbaik kepada web developer. Web developer yang profesional umumnya akan memberikan saran – saran terkait hosting yang sebaiknya Anda pilih yang cocok dengan website Anda.

Cari Harga yang Bersahabat

Selanjutnya, carilah web hosting dengan harga yang bersahabat. Umumnya, harga web hosting juga dipengaruhi oleh berapa kapasitas yang dimilikinya dan faktor – faktor yang lainnya. Ketika dihadapkan dengan harga yang murah, jangan langsung “mau mau saja” tapi pertimbangkan juga layanan apa saja yang Anda dapat ketika menggunakan web hosting tersebut.

Jaminan Garansi

Cara memilih hosting yang tepat selanjutnya yakni memilih yang ada jaminan garansinya. Coba bayangkan, jika penyedia hosting saja tidak bisa menjamin. Bukankah ini merupakan salah satu tanda bahwa penyedia hosting tidak “percaya diri” dengan produknya?

Fitur Add On

Layanan hosting terbaik umumnya menambahkan add on pada paketnya. Meskipun tidak semua yang terbaik demikian, tapi jika Anda membutuhkan add on, tak ada salahnya mempertimbangkannya. Tapi, pastikan fitur tambahan ini berguna untuk Anda.

Review Pelanggan Lain

Review dari pelanggan lain bisa menjadi tips memilih hosting yang tepat yang tidak boleh untuk Anda lewatkan. Anda bisa mencari review pelanggan di Google Maps atau Anda juga bisa langsung memintanya kepada pihak penyedia hosting.

Nah bagaimana? Sudah memiliki gambaran mengenai web hosting yang akan Anda pilih? Pastikan Anda tidak salah dalam memilihnya ya! Saat sudah memiliki website nanti, jangan lupa untuk merawat website Anda ya agar tidak sia – sia.